Kamis, 14 Oktober 2010

Tips Merawat Kacamata, Lensa dan Tips agar Terhindar dari Kerusakan Mata

Mata adalah jendela dunia. Tanpa indera  yang satu ini tentunya hidup ini jauh dari indah. Agar kacamata, lensa dan mata selalu sehat harap diperhatikan tips-tips berikut.



Tips Merawat Kacamata
Pada saat melepas kaca mata, peganglah kedua gagang kaca mata secara bersamaan.
Hal ini untuk menjaga kesesuaian frame kaca mata agar tetap nyaman untuk digunakan, dan juga mencegah frame lensa patah jika menyangkut di rambut atau telinga anda.
Taruhlah kaca mata dengan posisi kedua gagang frame kaca mata terbuka.

Jika anda berkeringat, atau setelah beraktifitas, bersihkanlah selalu frame kaca mata dengan menggunakan air dan sabun. Setelah itu keringkan dengan menggunakan kain yang lembut.
Agar setelan kacamata tidak berubah, usahakan agar ketika akan memakai atau melepaskan kacamata, peganglah kedua belah gagangnya.

Letakkan kacamata dalam posisi terbuka jika tidak sedang digunakan.

Bersihkan selalu kacamata setelah Anda beraktivitas. Terutama jika Anda usai berolahraga atau beraktivitas lain yang mengeluarkan keringat.

Anda ingin mencuci lensanyanya? Gunakan air sabun cuci tangan dan bilas dengan air bersih. kemudian keringkan kacamata dengan tisu yang halus.

Hindari membersihkan lensa dalam keadaan kering. Hal ini untuk menghindari lecet atau goresan pada lapisan anti refleksi dan permukaan lensa.

Simpanlah kacamata dengan memasukkan kacamata pada kotak kacamata. Usahakan agar tidak menaruh kacamata di dalam saku ataupun tas tanpa perlindungan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Tips Perawatan Lensa
Untuk menjaga dan merawat lensa kaca mata anda, ikutilah beberapa petunjuk dan tips berikut ini.
JANGAN pernah membersihkan lensa kaca mata dalam kondisi “kering”, hal ini dapat menyebabkan goresan pada “anti reflection coating” dan juga pada permukaan lensa.
Bersihkan lensa kaca mata dengan menggunakan cairan khusus pembersih lensa. Keringkan dengan menggunakan kain yang lembut dengan perlahan.
JANGAN pernah menaruh kaca mata anda di dalam kantong ataupun tas tanpa perlindungan.
Tempatkanlah selalu kaca mata pada tempat atau casingnya, dan gunakan kain yang lembut untuk melindungi lensanya.

Tips Perawatan Mata
Hindari membaca buku atau menatap ke layar komputer secara terus menerus. Alihkan pandangan dan istirahatkan mata anda beberapa waktu untuk mencegah kelelahan mata. Sesekali, alihkan pandangan untuk menatap object yang jaraknya jauh untuk mengistirahatkan mata anda.
Atur sedemikian rupa pencahayaan dan juga jarak pandang layar komputer atau TV agar tidak menyilaukan mata.
Gunakan lensa kaca mata yang ada “anti reflection coating” nya untuk mencegah sinar matahari yang dapat merusak mata.
Gunakan lensa kaca mata “photochromic” ataupun “transitions” untuk kenyamanan pada saat beraktifitas di dalam ataupun di luar ruangan.

Semoga bermanfaat ...

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar Anda