Kamis, 21 Oktober 2010

Tips agar Anak Tidak Hilang di Pusat Keramaian


Bagaimana perasaan bunda jika kehilangan sang buah hati pusat keramaian seperti mall, pasar, dll? Waduh .. jangan sampe deh! Mungkin begitu jawabannya kali yach! Agar hal tersebut tidak terjadi bunda bisa memanfaatkan tips dari National Center for Missing & Exploited Children (NCMEC) berikut ini tentang bagaimana mengajarkan si kecil agar ia tidak terpisah dengan bunda selama di mal atau pusat keramaian lainnya:
* usia 3 s/d 4 tahun:
Katakan pada si kecil, kalau ia tidak melihat Anda di dekatnya, duduklah di lantai, sehingga mudah menarik perhatian orang. Lagipula kalau ia duduk di lantai, orang di kiri-kanannya akan menyingkir sehingga ada ruang yang tersisa untuk mudah melihatnya. Katakan padanya, jangan pernah meninggalkan tempat itu, sampai ayah atau ibu menghampiri. Tapi ia boleh berteriak “Mama….atau Papa…”

* usia 5 s/d 6 tahun:
Bila si kecil tidak melihat Anda, suruh ia menghampiri tempat yang aman, seperti berdiri dekat kasir atau ke dekat satpam yang sedang berjaga. Anda harus mengajarkan si kecil untuk berbicara pada orang-orang tersebut bahwa ia kehilangan ibunya sambil memberikan nama jelasnya, sehingga mereka bisa membantu si kecil untuk mencari Anda.

Sebelum berangkat, pastikan Anda mengingat dengan baik baju yang dikenakan si kecil termasuk detil-detil yang bisa membantu. Sebaiknya hindari pergi berombongan dalam jumlah banyak karena akan sulit mengontrol anak-anak yang ikut. Jika pergi berbelanja, ibu sebaiknya mengajak satu lagi pendamping, seperti babysitter, pembantu, atau juga ayah, sehingga bila ibu sedang asyik memilih-milih belanjaan, si kecil aman berada dalam gendongan si pendamping. 

Semoga bermanfaat ...


Sumber : Tabloid-nakita.com

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar Anda