Senin, 25 Oktober 2010

Sinta-Jojo "Ogah Kawin Muda" setelah jadi bintang iklan KB

Berapa umur Jojo dan Sinta sehingga mereka memutuskan ikut Keluarga Berencana? Tidak usah dipikirkan jawabnya, tapi percaya atau tidak, mereka kini menjadi ikon KB, dalam sebuah iklan keluaran BKKBN, badan yang mengurusi perencanaan keluarga di Indonesia. Duet ‘mendadak tenar’ ini tampil di layar kaca untuk mengingatkan potret keluarga muda yang gagal dalam membina keluarga, akibat membangun rumah-tangga tanpa perencanaan. Sudah pernah lihat tayangannya kan?! 

Seperti kerap diputar dalam iklan televisi alias TVC beberapa hari ini, pasangan ABG asal Bandung ini tiba-tiba muncul sebagai endorser “Genre”, slogan BKKBN yang artinya “Generasi Berencana”. Awalnya, TVC dibuka dengan seorang ibu muda yang lagi bersih-bersih rumah. Sang ibu tampak pusing diganggu dua anak, dan tak lama masuk suaminya dengan raut muka kusut nan kumal membawa pakaian kotor. Kemudian, nongollah Jojo dan Sinta, tandem yang selama ini tenar karena kelihaian mereka bergaya lip sync.

Pesan yang disampaikan sederhana: Kalau tak mau hidup berantakan, jangan kimpoi muda. Lengkap dengan lirik khas ala Keong Racun, “Sorry, sorry, Jek, sorry, sorry, Bang…” mereka lalu meneriakkan dua key message TVC ini, “ogah kawin muda” dan “nikah perlu rencana”.

Siapa Jojo dan Sinta?

Jojo dan Sinta terkenal sejak Juni lalu, saat upload video Keong Racun mereka mencuat menjadi trending topic dan dibuka banyak orang karena kelucuan gayanya berlipsync. Jovita Adityasari, nama lengkap Jojo, berusia sekitar 20 tahun, tinggal di Cimahi dan sedang menyelesaikan studinya di Universitas Pasundan angkatan 2008. Sementara Sinta Nurmansyah, yang kuliah di Universitas Pendidikan Indonesia alias IKIP-nya Bandung juga dikenal sebagai blogger aktif dengan catatan online dapat diakses di http://sintanurmansyah.blogspot.com/

Dalam sebuah wawancara, Sinta mengaku membuat video lagu ciptaan Boy Akur itu hanya iseng untuk membalas sang kekasih yang terlebih dulu mengupload video lipsync bersama teman-teman bulenya di Perancis membawakan lagu Peter Pan. Setelah diunggah, Jojo dan Sinta malah takut sehingga video ini dihapus, tapi di luar dugaan sudah banyak yang mengunduh dan menyebarkan klip itu. Dalam salah satu posting di blognya, Sinta justru meminta para pengguna internet menghapus video Keong Racun mereka.

Siapa sangka, keisengan mereka berbuah kesuksesan. Selain banyak muncul di teve, pihak kampus pun memberi apresiasi beasiswa. Duet Jojo Sinta juga merambah dunia iklan komersial dengan mempromosikan satu produk makanan ringan, tentu dengan gaya lip sync yang seolah sudah menjadi brand mereka itu. Dan kini, dalam iklan berdurasi 28 detik ala BKKBN, dua perempuan lajang ini menyerukan tagline Genre, “Saatnya yang muda yang berencana!” Kalimat seru itu seolah menghapus tagline yang selama ini mereka populerkan lewat Keong Racun: “Baru kenal udah ngajak tidur!”

Dalam hemat saya, pemilihan Jojo Sinta menjadi endorser KB memang terkesan dipaksakan, tapi dari kacamata strategi komunikasi pemasaran tetap sah-sah saja, bukan? Apapun boleh dilakukan, yang penting pesannya nyampai kan ...
Semoga bermanfaat ...


Sumber : jojoraharjourney.wordpress.com

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar Anda