Jumat, 15 Oktober 2010

Jenis-Jenis Cabe dan Manfaatnya

Biasanya kalo kita beli gorengan yang ada di pinggir-pinggir jalan selain mendapat bonus kantong kresek buat pembungkus kita juga mendapat cabe. Ternyata cabe itu banyak jenis dan manfaatnya juga lho, gan!


TM 88 dan TM 99
TM 88 dan TM 99 adalah jenis cabai merah keriting hibrida yang banyak dikembangkan di pusat budidaya tanaman. Jenis ini memiliki keunggulan fisik, tahan hama dan buah cabai yang optimal. Disamping itu, jenis TM terutama 99 memiliki derajat pedas yang tinggi pada kelompok cabai sejenisnya.

CTH 01
Adalah cabai kriting hasil single cross dua tanaman cabai yang fleksibel ditanam di dataran rendah maupun tinggi. Selain itu tahan terhadap penyakit antraknose buah dan mudah perawatannya.

Cakra Hijau
Merupakan cabai rawit hijau favorit petani karena masa panen yang lebih singkat sekitar 80-85 hari. Dapat ditanam didataran rendah maupun tinggi. Ketika muda, buah berwarna hijau gelap. Saat tua akan berubah memerah dan berukuran sekitar 3 cm dengan citarasa sangat pedas di kelompok cabai rawit.

Cakra Putih
Merupakan cabai rawit berfisik kuat bercabang banyak. Buah mudanya berwarna hijau kekuningan dan merah ketika tua dengan besar sekitar 3 cm. Tahan terhadap antraknose buah dan dapat ditanam di dataran rendah maupun tinggi.

F1 Arimbi
Cabai jenis ini adalah cabai hasil single cross dua tanaman induk penghasil cabai merah besar berdaya tahan tinggi. Tahan terhadap serangan aphids dan kekurangan Ca. Selain itu, dapat dipanen kurang lebih 85 hari setelah pindah tanam.   

Semoga bermanfaat untuk menambah wawasan ya, gan ... ! 

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar Anda