Sabtu, 05 Juni 2010

Trafik Dipengaruhi Topik Blog?

SEOSeperti kita ketahui bersama, trafik merupakan salah satu kunci sukses mendapat uang lewat blog. Semakin besar trafik, semakin besar pula peluang mendapat uang (more traffics, more money). Apa yang mempengaruhi trafik?

Dari pengamatan sederhana saya, salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah topik yang dipilih. Semakin beragam topik, semakin besar trafik yang didapat terutama dari mesin pencari dan situs-situs media sosial.  Mengapa? Berikut alasannya.

Kesimpulan saya ini berdasarkan pada studi kasus trafik dua blog, yaitu Blogodolar dan Blognya Kang Yudiono. Blog gratisan itu memiliki trafik dua kali lebih banyak dibandingkan Blogodolar.
Sebagai gambaran, saya tampilkan screenshoot trafik minggu lalu. Blog gratisan tsb dikunjungi rata-rata 100 pengunjung per hari, sementara Blogodolar hanya dikunjungi 60 pengunjung per hari.  Padahal, blog gratisan  itu terbengkalai sejak Juni 2009, yaitu:
  • Tidak blogwalking
  • Di-up date satu bulan sekali dalam dua bulan terakhir
  • Hanya membalas dua komentar dalam dua bulan terakhir
  • Belum memasang blog pengunjung yang minta bertukaran link (mohon maaf…!)
  • Dalam dua bulan terakhir, postingannya dibuat alakadarnya dan diambil dari tulisan-tulisan yang dikirim teman melalui email pribadi.
Trafik Blognya Kang yudiono
Trafik blogodolar
Dengan kata lain, penulis telah melakukan beberapa kesalahan ngeblog untuk blog gratisan itu.

Faktor Topik Blog

Mengapa bisa blog gratisan yang terbengkalai dalam 3 bulan terakhir lebih besar trafiknya daripada Blogodolar? Faktor utamanya adalah blog gratisan tsb membahas beragam topik, mulai dari tutorial wordpress, dunia kerja, humor, berita sains, hingga berita Sorowako. Dengan beragam topik tersebut, banyak pula postingannya yang terindeks dan posisinya baik di mesin pencari. Dalam 3 bulan terakhir, sumber utama pengunjungnya berasal dari mesin pencari.

Bukti lain dari trafik blog dipengaruhi topik adalah perbandingan trafik harian Blogguebo vs Bayu Mukti. Blogguebo yang membahas satu topik (tips mendapatkan uang lewat blog) mendapatkan 400-800 pengunjung per hari, sementara Bayu Mukti (beragam topik) memperoleh 5.000-6.000 penunjung per hari.
Bagaimana menurut Anda, apakah memang topik yang beragam berpengaruh terhadap trafik? Mohon sharing pengalamannya

Sumber: blogodolar.com

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar Anda