Kamis, 01 Juli 2010

Facebook : Mencoba Berbagai Aplikasi di Facebook

Facebook saat ini memang sedang menjadi trend dalam situs social networking, dan salah satu penyebabnya mungkin ? :) karena begitu banyaknya aplikasi yang ditawarkan oleh Facebook, bahkan mungkin :) sebentar lagi dapat berjumlah ribuan aplikasi, hal ini dikarenakan Facebook sendiri memang mengijinkan penggunanya  menggunakan facebook platform untuk berkreasi.
Tidak ketinggalan pengguna Indonesia, walaupun tidak diketahui persis berapa jumlahnya :) , namun bila dicari dengan mengetikkan kata kunci Indonesia dibagian search application Facebook, jumlah aplikasi buatan anak Indonesia mencapai ratusan.

Mungkin yang belum tahu cara untuk menggunakan berbagai aplikasi di Facebook, kita mulai dengan melakukan klik pada tombol aplikasi yang berada disebelah kiri paling bawah halaman profil Facebook, kemudian akan tampil halaman aplikasi, dan silahkan pilih yang anda suka.
Dari hasil mencoba-coba beberapa aplikasi facebook yang tersedia dan mungkin untuk memudahkan anda yang mungkin tidak sempat mencobanya , beberapa pilihan yang cukup menarik bahkan lucu apabila anda iseng :) , bahkan diantaranya mungkin cukup berguna.
Beberapa aplikasi Facebook berasal dari Indonesia seperti :
Kuis Aneh Meter, permainan ini untuk mengetahui seberapa anehnya dirimu ? bila ingin tahu seberapa anehnya diri kamu, coba ukur dengan aplikasi ini, ada sepuluh soal pilihan ganda yang harus dijawab untuk mengetahui tingkat keanehan kamu. Keanehan ini mungkin menjadi alasan pengguna untuk mencoba aplikasi buatan siswa asal Bandung ini.
MusikMu-Bukan Mising Lyrics,  game tebak lagu Mising Lyrics disalah satu stasiun TV swasta sedang naik daun, Game ini dapat dikatakan sebagai versi dunia mayanya. Tidak ada perbedaan, kamu diharuskan menebak judul lagu berdasarkan potongan lagu yang berdurasi 20-30 detik dan bukan lirik lagu. Lagu -lagu yang tersedia cukup beragam dan populer pada jamannya. Diperlukan headset atau speaker untuk melakukan permainan ini.
Hadiah Jajanan Indonesia, cukup banyak juga pengguna Facebook yang menggemari jajanan Indonesia. Tampak dari jumlah active user-nya mencapai 400-an, padahal isinya hanya berkirim jajanan. Saat saya mencoba pilihan kiriman yang tersedia masih sangat terbatas seperti : teh botoh, martabak manis, martabak telor dan gorengan. Ya lumayan dapat saling berkirim dan bertukar dengan sesama teman didunia maya.
Send Indomie Noodles, salah satu makanan populer di Indonesia yaitu mie instan, enak disantap kapan saja, apalagi sedang lapar :) . Sehingga ada saja pengembang aplikasi Facebook dari Indonesiaini yang membuatnya khusus mie instant merk indomie. Terdapat 13 menui pilihan yang disediakan untuk pengguna aktif  layanan ini yang mencapai 6000-an. Dan ada 60 teman yang dapat kita pilih untuk dihadiahi sarapan indomie rebus dan goreng, he..he..lumayan walaupun hanya di dunia maya :)
Manado Cuisine, untuk makanan tradisional, tersedia Manado Cuisine, pasang aplikasi ini, tersedia 20 menu dari dapur Manado yang siap dikirimkan ke teman-teman seperti : bubur tinotuan yang gurih plus sambal dabu-dabu,ayam woku belanga, klappertaart,apang coe dsbnya.
Kiriman hadiah ini juga bukan hanya dalam bentuk makanan saja, ada juga batik virtual, produk arsitektur khas Indonesia, kirim buku, bahkan jamu dan gambar-gambar cantik laskar pelangi. Coba saja pakai aplikasi Lovely Batik Tulis 100% Indonesia, Arsitektur Khas Indonesia, Helvy Tiana Rosa’s Book, Asma Nadia’s Book, Jamu Indonesia,dan Laskar Pelangi. Meskipun virtual, tapi pengguna Facebook senang melakukannya, Lagi-lagi mungkin karena kita senang mengirim dan menerima sesuatu dari teman.
Beberapa aplikasi yang mungkin cukup berguna :
Birthday Calender, mungkin karena sibuk kita bisa melupakan hari ulang tahun orang-orang yang kita kasihi atau teman dekat dan baik :) . Coba gunakan aplikasi ini, dengan aplikasi facebook ini kita dapat :
  • Melihat tanggal lahir teman-teman Facebook dalam format kalender, menambah tanggal lahir teman-teman yang bukan merupakan teman di Facebook (seperti misal ayah, ibu, Aa, Teteh, Yayang dll :) )
  • Melihat siapa orang-orang yang sebentar lagi akan ulang tahun.
  • Bahkan mengirim kartu ucapan electronic melalui fcard dan group fcard yang memiliki 1700-an pilihan.
  • Mengatur agar notifikasi dikirim melalui email.
  • Menambahkan Hari Libur (tanggal merah maksudnya :) )
FotoFlexer, aplikasi ini berguna sebagai editor gambar yang mudah dikelola dan gratis tentunya :) . Foto-foto yang sudah kita upload di Facebook dapat kita edit dengan aplikasi ini, seperti :
  • Resize ukuran foto dan font.
  • Menambah speech bubble atau thought bubble (maksudnya teks seperti pada komik lho :) )
  • Crop gambar, rotasi, menggambar , memperbaiki warna, meningkatkan exposure, memperbaiki red eye.
  • Mengubah warna kulit, memerbesar otot badan di foto :) , melangsingkan pinggang :) .
  • Membuat foto menjadi kartun :) .
  • Bermain dengan efek-efek lain seperti blueprint, bronze,sephia, grey,color invert, color rotate…dll.
  • Membuat kartu ucapan special dengan foto anda.
  • FotoFlexer juga terintegrasi de ngan Photobucket, MySpace, Picasa,Flickr,  Phanfare,  Smugsmug dan Yahoo! Seach.
  • Capture via Webcam dan langsung lakukan edit.
Caba aja deh sendiri, cukup lengkap dan memuaskan :)
iLike, untuk anda penggemar musik, apliasi iLike ini mungkin wajib dicoba pada Facebook anda. Aplikasi ini memiliki fungsi seperti :
  • Menambahkan musik, video dan playlist kedalam profil Facebook.
  • Memberikan lagu-lagu untuk teman-teman.
  • Bagi artis dan musisi, aplikasi ini memungkin untuk membuat halaman sendiri, meng-upload musik dan aktivitas yang akan dilakukan seperti jadwal manggung, dan mendapatkan statistik secara detail dari penggemarnya.
  • Download MP3 dan bermain bersama-sama teman di Music Chalenge.
  • Saat memulai aplikasi ini, user diminta untuk memilih artis yang tersedia dan tentukan lagu yang disukai. Pilihan akan tersusun didalam playlist dan langsung dapat diputar secara online berikut tampilan video Youtube. Sayangnya tidak semua lagu disediakan full, bahkan hanya 30 detik, Mungkin hal ini sehubungan dengan lisensi dll yang saya ngak ngerti :) . Namanya juga gratis, pilih yang ada saja…he..he…:):)
Ayos iShare, aplikasi penyimpan online ini menyediakan kapasitas sampai 2Gb, lumayan bukan ? File musik MP3 dan Video dapat diletakkan di Ayos iShare hanya persyaratannya satu file tidak melebihi 100Mb. File-file yang kita simpan dapat dibagi-bagikan kepada teman-teman dan juga file musik MP3 dapat secara langsung kita dengar dari browser dan membuat link-link publik ke file anda.
Countdown, bila anda memiliki jadwal yang padat dan janji-janji yang harus di catat, sedangkan anda sering menggunakan Facebook, kenapa tidak pakai aplikasi ini saja. Dengan memasukkan tanggal-tanggal penting tersebut, Countdown dapat menampilkan hitungan mundur waktu tersebut pada halaman profil anda dan tidak ada batasan jumlah jadwal.
Who Has The biggest Brain, aplikasi ini seperti permainan, tapi jangan kira tidak bermanfaat, aplikasi ini bermanfaat untuk test IQ. Jika berminat tau seberapa besar ukuran otak anda :) ,   kita harus menyelesaikan empat kategori test yang berbeda- analisis, kalkulasi, memory dan pemrosesan visual. Diakhir test akan diberi ranking dan kemudian anda dapat membandingkan dengan ranking teman-teman anda di Facebook (temanmu juga harus main juga dong :) ). Asiknya selain dapat bermain sendiri, anda dapat menantang teman anda via menu challenge atau undang teman untuk ikutan permainan asah otak ini lewat menu invite.
Masih banyak lagi yang mungkin perlu anda coba satu-persatu :) klu sempat, saya sih uda cape’ :) . Selamat menjajal aplikasi-aplikasi di Facebook yang sangat banyak dan beragam fitur. Coba dech….ngak rugi dan gratiss:). Dan kalau anda telah mencoba aplikasi yang lain, tolog kirimin saya ya ? dan ajak saya menjadi teman Facebook anda. :) :)

sumber: http://y3pp33.wordpress.com

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar Anda